Apakah Obat Flu Bisa Sebabkan Pria Sulit Ereksi?

Dok, apakah minum obat flu (resep dokter) dapat mempengaruhi ereksi Mr. Happy? Karena setelah minum obat flu, Mr. Happy suami saya tidak bisa ereksi, kebetulan juga dia belum fit 100% dari flu. Apakah obat semacam viagra dapat membantu tahan lama? Mohon jawabannya dok..

(Risma, 37 Tahun)

Jawab:

Salah satu komponen dari obat flu yaitu antihistamin, menurut berbagai literatur dapat menyebabkan gangguan libido dan disfungsi ereksi. Namun efek ini hanya terjadi pada sebagian kecil populasi dan hanya bersifat sementara. Bisa saja suami Anda mengalami disfungsi ereksi akibat penggunaan obat flu ini, akan tetapi tubuh yang tidak bugar juga menyebabkan terjadinya penurunan libido dan disfungsi ereksi.

Selain untuk mempertahankan ereksi penuh, maka kebugaran jantung dan paru sangat diperlukan untuk aktivitas seksual itu sendiri. Perlu diketahui bahwa aktivitas seksual yang aktif membutuhkan energi yang cukup besar. Sehingga suami Anda yang belum pulih kebugarannya selain mengalami kesulitan untuk ereksi penuh juga akan mengalami kesulitan untuk melakukan penetrasi aktif selama hubungan seksual.

Influenza sendiri sebenarnya merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, yang akan sembuh sendiri dalam waktu 5-7 hari bila daya tahan tubuh Anda cukup bagus. Namun dengan tingkat stres pekerjaan yang tinggi, aktivitas fisik yang tidak berhenti dengan pola makan yang tidak teratur, seringkali daya tahan tubuh menjadi sangat turun, yang menyebabkan periode influenza yang memanjang. Obat-obatan yang diberikan seringkali hanya untuk mengurangi gejalanya saja agar tidak terlalu mengganggu penderitanya, namun bukan untuk menyembuhkan virusnya. Untuk mempercepat penyembuhan maka perlu cukup istirahat, makan makanan yang mengandung vitamin tinggi seperti buah-buahan serta minum air putih yang cukup banyak. Olahraga untuk meningkatkan kebugaran dapat dimulai kembali saat tubuh mulai kembali kuat.

Untuk masalah disfungsi ereksi yang sifatnya sementara akibat obat-obatan maka sebaiknya tidak langsung menggunakan obat-obat untuk disfungsi ereksi. Hal ini karena efek dari obat-obat tersebut akan hilang beberapa waktu setelah penggunaan obat tersebut dihentikan. Setelah tubuh bugar kembali maka dengan sendirinya disfungsi ereksi akan kembali. Sementara menunggu tubuh bugar, selain memang dibutuhkan istirahat yang cukup, tentunya ada banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk mencurahkan kasih sayang di antara suami istri selain hubungan seksual.